Rabu, 27 Februari 2013

Pengertian microsoft word dan microsoft excel

A.Pengertian Microsoft word 2007
Microsoft word adalah salah satu dari beberapa program aplikasi pengolah kata yangterdapat dalam paket program aplikasi microsoft office,yang sejak mulai di kembangka pada tahun 1983 sampai pertengahan tahun 2001.Microsoft word dikembangkan oleh perusahaan pembuat perangkat lunakternama didunia yaitu Corporation.dari generasi pertama microsoft word sampai generasi terkininya program ini selalu menjadi idola.
B.Cara membuka microsoft word
•Klik tombolstar yang ada di taskbar
Pilih menuprogram, arahkan pada microsoft office dan klik microsoft word2007
Dan akan tampil lembar kerja dari microsoft word 2007 yang masih kosong danlembar kerja tersebut bernamadokumen
1.    Berikut tampilan dalam microsoft word 2007:
2.    Kursor/titik
3.    sisipRulerLineHorizontalRuler
4.    LineVertikalTitleBarMenuBarIcon ToolBar
5.    Title baradalah nama lembar kerja yang sedang digunakan
6.    Menu bar terdiri dari beberapa bagian menu yang merupakan kelompokdari perintah word yang terdiri dari Home, Insert, Page layout, Reference,Mailings, view.
7.    Ruler lineadalah baris yang mengatur penghentian tabulasi dan batas pengetikan dilayar serta pengaturan paragraf . Titik sisip / kursor merupakan titik dimana kita akan memulai pengetikanteks, titik ini berbentuk animasi yang berkedip kedip. Zoom untuk memperbesar layar kertas.
8.    •Scrool barmerupakan untuk menggulung layar keatas dan kebawah
9.    .C.Bagian bagian
Tab1.HomePada menu home juga terdapat beberapa bagian: 1.Clipboard•Paste → berfungsi untuk memindahkan isi sellCut → berfungsi untuk memotong isi sell dan memindahkannya kesuatu tempat atau sell. •Copy → berfungsi untuk menyalin isi sell dan memindahkannya kesuatu tempat atau sell. Format Painter 
2.Font•Font , berfungsi untuk mengubah jenis huruf Font Size , berfungsi untuk mengubah ukuran hurufIncrease Font Size , berfungsi untuk meningkatkan ukuran huruf. Decrease Font Size , berfungsi untuk mengurangi ukuran huruf. •Bold , berfungsi untuk menebalkan huruf.
•Italic , berfungsi untuk memiringkan huruf.
 •Underline , berfungsi untuk menggaris bawahi huruf. •Border , berfungsi untuk membuat garis pinggir atau tabel.
•Fill Color , berfungsi untuk memberi warna sel.
•Font Color , berfungsi untuk memberi warna huruf.
3.ParagraphBullets , berfungsi untuk mengatur format penomoran dengansimbol.
 Numbering , berfungsi untuk mengatur format penomoran denganangka. •Align Text Left , berfungsi mengatur teks agar rata ke kiri.
Center , berfungsi mengatur teks agar berada di tengah-tengah baris.
•Align Text Right , berfungsi mengatur teks agar rata ke kanan. •Justify , berfungsi untuk mengatur perataan teks rata kiri dankanan.
getik pada word 2007bila naskah yang telah diketik telah mencapai akhir baris, maka akan secara yimpan dokumen word 2007
natif lain dalam menyimpan adalah dengan menekan
nya tugas microsoft

Pengertian Microsoft Excel


Mengenal Excel Lebih Dalam
Secara umum pengertian Microsoft Excel adalah software aplikasi bagian dari Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah data angka, grafik, tabel dan perhitungan lain seperti aritmetika, statistika, logika.
Fungsi Microsoft Excel dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan pengertian dan fungsinya yaitu :
  1. Fungsi Financial
  2. Fungsi Logika (Logical Functions)
  3. Fungsi Teks
  4. Fungsi Date Time
  5. Fungsi Lookup dan Referensi
  6. Fungsi Matematika dan Trigonometri
  7. Fungsi Statistika
  8. Fungsi Enginering
  9. Fungsi Informasi
Ke sembilan fungsi tersebut didasarkan kepada formula-formula excel. Ms. Excel dilengkapi dengan menu-menu excel yang cukup lengkap untuk menyelesaikan pekerjaan kita. Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Para ahli computer menciptakannya untuk mempermudah kita dalam keuangan dalam kehidupan kita.

Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini.
 
Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Saya yakin jika Anda menguasai semua rumus excel pekerjaan kantor Anda akan lebih mudah dan cepat.

Kira-kira demikian Pengertian Microsoft Excel secara umum. Mudah-mudahan dengan memahami pengertian Microsoft Excel dan fungsi-fungsinya Anda akan mudah dalam mempelajari Microsoft Excel dengan cepat
 
sumber:http://tamaritaamoemoe-muacmua.blogspot.com/ dan Robin wijaya II.

0 komentar:

Poskan Komentar